Odd Couple Chronicle

Onroad Vietnam 3: About Hmong February 7, 2006

Filed under: Uncategorized — ambar @ 7:44 pm


Hanoi, 4th February

Jumat pagi kami trekking 14 km ke beberapa desa di sekitar Sa Pa. Rute lumayan mengasyikan dengan jalanan cenderung menuruni bukit. Semalam cuaca dingin sekali, kami perkirakan 10C diluar. Sa Pa mengingatkan saya pada pegunungan Tengger dengan penduduk aslinya.


Black Hmong adalah ethnis minoritas di Vietnam. Berbeda dengan saudar2nya di pegunungan Thailand, suku Hmong di perbatasan Vietnam mempunyai keunikan tersendiri. Mereka masih memakai pakaian tradisional, biru gelap mendekati hitam. Proses pewarnaan sendiri memerlukan waktu yang lama biasanya diletakkan di gentong besar belakang rumah. Tahun Baru atau Tet Festival dirayakan Hmong hingga seminggu lamanya. Karena itu dalam beberapa hari ini mereka berdandan dengan pakaian khas untuk pamer dan mencari pasangan. Di Kamis siang ribuan orang Hmong berbaur dengan Dzao dan Tay tumpah ruah di Sa Pa sembari berbelanja.

Wanita Hmong mencari pasangan begitu mereka melewati masa akil baliq. Jadi 13-14th adalah wajar bagi mereka. Pihak wanita melamar laki2. Sebagai penjajakan biasanya mereka saling melirik dan memberikan isyarat tubuh tertentu. Begitu tanda setuju lantas segera berduaan. Tak heran banyak sekali perempuan Hmong yang punya anak dalam usia sangat muda. Sang bayi digendong dengan kain bahkan untuk mencari pasangan baru. Tidak ada keterikatan untuk cari pacar baru, hanya komitmen yang mendasari hubungan.

Di jalan saya ketemu pasangan muda yang nampaknya saling cemburu. Sang perempuan menangis terduduk menyembunyikan muka sambil memegang tangan sang kekasih. Mereka mungkin berusia 16tahun. Guide saya, Buen seorang perempuan black Hmong yang tangkas menjelaskan bahwa budaya ini sudah ratusan tahun diyakini suku mereka. Buen sendiri menikah usia 18th, belajar bahasa Inggris dari turis. Pekerjaannya sebagai guide adalah untuk membantu suaminya yang bekerja di sawah. Anak2 suku Hmong rupanya berjualan suvenir sebagai cara untuk belajar bahasa inggris dengan cepat. Menjadi guide adalah jaminan masa depan dan peluang yang lebih baik.

Next : nekad naik kereta tanpa tiket ke Hanoi dan bersitegang dengan manager kereta….

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s