Odd Couple Chronicle

Tips Jalan di S’pore dan KL for First Timer October 23, 2005

Filed under: Uncategorized — ambar @ 8:01 am

Kebetulam saya tinggal di Singapura beberapa kawan via email meminta untuk memberikan beberapa tips jalan di kota ini. Dari Jakarta untuk murahnya ambil saja Jkt-Batam, nyebrang ferry ke S’pore dengan asumsi hanya bayar fiskal 500rebu ( mohon bayar di loket resmi). Tiket nyebrang cuma SGD28 return. Berikut pertanyaan yang sering nyasar :

1. Gimana sih hotel/hostel murah di S’pore ?
Untuk hotel/hostel yang paling murah sekitar SGD10-25 jadi kalao ada yang nawarin sekitar itu samber ajah. Tapi diliat kondisi apakah di pinggir jalan gede, kamar mandi di luar dsb. Masih untung ngga dormitory !! Pemilihan hostel diutamakan adalah dekat dengan lokasi tempat2 yang ingin kita kunjungi, akses transportasi, juga yang terpenting adalah faktor kebersihan. Hostel di S’pore beberapa diantaranya “lack of windows’. Tipikal rumah kota yang ngga ada jendela. Klo bisa yang ini dihindari. Sebelum setuju coba lihat kamarnya dulu. Tanyakan fasilitas umumnya.

2. Tempat mana yang wajib dikunjungi di Singapura?
Hmm tergantung kamu tipenya apa. Pengen shopping, liat museum atau liat budaya? Ini top ten -nya mungkin :

  • Raffles Hotel
  • Orchard Road
  • Chinatown
  • Little India
  • Spore Botanic Garden
  • Pulau Ubin/Pulau Sentosa
  • Chijmes
  • Boat Quay/Clark Quay
  • Fort Canning
  • Asiaan Civilations Museum

3. Gimana naik bus dan MRT ?
Pake Ezlink card beli di stasion MRT terdekat. Untuk SGD10 bisa kemana-mana selama 3 hari. Memakai kartu ini lebih disarankan. Taripnya variatif tergantung jarak dan bus yang dipakai, paling mahal sekitr SGD1.45. Setelah selesai kartu ngga bisa dijual, tapi dikembalikan ke stasion MRT terdekat dan deposit SGD1 akan diberikan. Klo mo dikasih saya juga boleh🙂

4. Ada ngga tempat belanja yang bisa ditawar ?
Wah ngga banyak tempat belanja yang bisa ditawar, paling di pasar Melayu Geylang Serai tuh🙂 klo di mall-mall harga sudah dipatok. Tunggu aja saat Singapore Great Sale -acara tahunan yang isinya diskon mlulu.

5. Kalau ingin ke KL enaknya naik bus atau kereta dan berapa taripnya ?
Bus seharga sekitar SGD30 (standard) atau SGD56 (First Class) sedang kereta variatif banged. Yang Senandung Malam (kereta senja-nya malaysia) sekitar SGD33-47. Tapi bisa tidur, tempatnya nyaman lagi. Klo punya anggaran longgar naek kereta lebih disarankan.

6. Hostel murah di KL mana ya ?
Hotel murah klo mau klas dormitory di Number Eight RM30 di Jl Tongkat Tong Shin jalan kaki dari Puduraya sekitar 400m. Atau Red Palm tepat didepannya untuk klas dormitory RM25 (info via Lingga). Klo lainnya yang daerah Puduraya, terlalu rame karena dekat jalan dan sedang ada proyek konstruksi di kompleks itu.

7. Apa sebaiknya ikut city tour or jalan sendiri?
City tour ? Wah saya ngga pernah ikutan jadinya ngga adil membandingkan. Saya enjoy jalan sendiri, Singapura lebih tertata dalam hal transport jadi mending jalan sendiri aja. Klo Malaysia lebih susah karena jarak antara objek lumayan berjauhan. Saya ngga ada informasi tentang city tour KL. Oh ya di Singapura banyak bus gratis untuk City Tour tinggal hop on di beberapa tempat strategis. Untuk info rute bisa didapat dari Tourist Information Centre Orchard Rd. Disana lengkap banged info tempat2 yang ingin dikunjungi plus peta.

8. Belanja yang murah dimana?
Hmm saya ni ndak hoby shopping tapi di KL (Malaysia) everything is cheaper than S’pore (5-10%). Dari makanan, akomodasi, transportasi , buku, oleh2 saya rekomendasikan belanja di KL. Di Singapura untuk oleh2 yang murah di daerah Stamford Rd (off City Hall MRT atau deket Funan IT Centre).

9. Untuk belanja elektronik di Singapura dimana seh?
Klo mau murah dan bisa menahan diri dari godaan sales coba saja di Sim Lim Centre (deket Little India). Tapi syaratnya harus tau betul yang anda inginkan, daripada diseret untuk beli produk yang ngga tuop quality. Di Sim Lim juga ada pusat VAT refund untuk meminta form bebas pajak karena kamu ini turis. Funan IT Centre lebih aman tapi dengan harga yang pas ndak bisa ditawar. Di Funan situasi lebih rileks dengan sales yang ngga agresif.

10. Dimana seh beli buku di Singapura?
Untuk secondhand book letaknya di belakang Raffles Hotel namanya Bras Basah Complex. Ini tempat buku2 bekas dari textbooks hingga buku terbaru art design. Coba naik ke lantai atas berderet toko buku khusus design/architecture dengan harga miring. Untuk buku baru di Kinokuniya (terlengkap utk buku2 travel) di Nge An City dan Borders di Wheelock Place, keduanya di Orchard Rd.

Useful Links :
Visit Singapore
SBS Transit : Bis di Singapura
SMRT : MRT/Bus/Taxi
Streetdirectory : Peta Singapura based transport mode and postcode
How to travel Singapore-M’syia-Thailand by train

 

4 Responses to “Tips Jalan di S’pore dan KL for First Timer”

  1. wafa-bunda Says:

    Kalo ke msia, asik tuh ke putrajaya, bagus deh buat hunting poto, mbar
    –sera

  2. --ambar-- Says:

    iya neh, kemaren ngga sempet. Waktunya mepet, saya hanya ke Batu Caves saja. Kapan2 coba lagi.

  3. Julia Says:

    Aduh Ambar bagus nih..sama kayak buku yang aku beli..buku tour Marco Polo ttg Singapore. Tapi lengkapan Informasi dari kamu juga. Thanks…

  4. kenz Says:

    wew komplit ceritanya, tinggal dikasih photo aja nih….
    hehehe.. *loket resmi.. ;p kalo engga resmi kan bisa hemat 200 rebuan…;)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s